TAHAPAN PROSES SELEKSI / UJIAN CPNS TERBARU


Proses seleksi atau ujian masuk kerja untuk rumah sakit tentunya sangat berbeda dengan proses seleksi ujian masuk kerja instansi lain. Rumah sakit selain sebagai tempat pelayanan masyarakat dalam bidang kesehatan, rumah sakit juga merupakan lapangan kerja bagi para petugas medis dan non medis lainnya. Pegawai rumah sakit negeri dibagi menjadi 3 yaitu, PNS, Kontrak, dan Honorer. Untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) tentunya tidak mudah, kerena semua orang sekitar 75% berkehendak atau bercita-cita menjadi pegawai negeri sipil (PNS).
Berikut ini penulis sampaikan tahapan proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) :
Proses seleksi rekruitmen Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk Rumah Sakit Negeri, Puskesmas, Kantor Pemda dan Dosen Kesehatan:

1. Kementerian Kesehatan Pusat maupun Daerah mengumumkan adanya perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS).
2. Pengumunan tersebut dapat dilihat di papan pengumuman rumah sakit, website Kementerian Kesehatan Pusat dan Daerah, Kantor-kantor Pemerintahan ataupun website lowongan kerja terpercaya seperti: lowkerindo.web.id , lowongan-medis.blogspot.com , lowonganmedis.com atau kerja-medis.blogspot.com
3. Pendaftaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dalam hal ini pelamar diahruskan mengirim lamaran via online diwebsite kementerian kesehatan dan kemudian mengirimkan surat lamaran via pos.
4. Pengambilan kartu ujian, pada tahap ini biasanya dilakukan di instansi atau ruamah sakit, atau kampus yang telah panitia tunjuk. Pengambilan kartu ujian tidak boleh diwakilkan, beberapa persyaratan harap diperhatikan dan dibawa ketika pengambilan kartu ujian, sebsb jika ada persyaratan yang tidak dibawa maka anda tidak boleh mengambil kartu ujian anda.
5. Tes tertuilis, untuk estimasi waktunya rentang 10-14 hari sejak pendaftaran ditutup. Pada tahap ini anda sudah mencapai 90% ke tahap selanjutnya. Pada tahap ini pelamar akan diberikan soal dengan 2 tipe yaitu umum dan khusus (soal kesehatan). Tempatnya biasanya dilakukan di kampus-kampus yang telah ditunjuka atau stadion yang telah ditentukan oleh panitia. Pada tahap ini biasanya waktu yang dibutuhkan adalah 14-30 hari untuk mengetahui hasil kelulusan anda. Lama memang, dan dag dig dug tentunya menunggu ini, tapi rasa itu akan terbayar ketika anda membuka pengumuman dan ada nama anda diditu dan dinyatakan LULUS.
6. Apabila anda sudah lulus tes tertulis maka sudah dipastikan anda sudah diterima sebagai calon pegawai negeri sipil. Setelah anda lulus tes tertulis maka anda biasanya harus melakukan pemberkasan. Syarat pemberkasan tersebut meliputi: Ijazah dan transkrip nilai asli, surat keterangan sehat dari dokter pemerintah, SKCK, dll. Untuk pemberkasan anda wajib datang langsung ke kantor yang telah ditentukan. Pada tahap ini waktunya antara 7-14 hari sejak pengumuman hasil tes tertulis.
7. Jika anda sudah melakukan pemberkasan anda tinggal menunggu panggilan dan terbitnya NIP (Nomor Induk Pegawai). Pada tahap ini biasanya waktunya antara 1-2 bulan, Memang lama, tapi berbahagialah karena tinggal hitungan hari lahi anda akan menjadi seorang pegawai negeri sipil.
8. Pengumuman akhir, pada tahap ini waktunya antara 10-15 hari setelah serangkaian proses telah anda jalani. Pengumuman akhir ini adalah kado terbesar bagi anda tentunya karena apa yang anda harapkan tercapai sudah. Perjuangan yang begitu sulit ini akhirnya terlewati dengan hasil yang memuaskan, sehingga kami harapkan jangan ada henti-hentinya anda untuk bersyukur atas kado dari Tuhan tersebut.

Demikian yang bisa penulis bagi kepada teman-teman pembaca yang budiman, semoga bisa menjadi motivasi dan semangat untuk anda semua agar apa yang anda harapkan bisa tercapai. Penulis juga mempunyai tips-tips agar teman-teman bisa melewati tahap demi tahap seleksi penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) lingkungan kesehatan. Pesan penulis jangan pernah berhenti berharap, yakinlah pada diri sendiri, dan percayalah tidak ada kesuksesan yang dicapai secara instan, semuanya butuh proses.
Selamat berkarya untuk Negeri yang lebih baik..

TAHAPAN PROSES SELEKSI / UJIAN CPNS TERBARU Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Slamet Fadli

0 comments:

Post a Comment