Rumus Menghitung MAP (Mean Arterial Pressure)

Mean Arterial Pressure atau biasa disebut MAP adalah hitungan rata-rata tekanan darah arteri yang dibutuhkan agar sirkulasi darah sampai ke otak. Mengapa tekanan darah ke otak harus cukup? Sirkulasi darah ke otak membawa suplai makanan dan oksigen yang dibutuhkan otak untuk nutrisi dan aktivitas kerja otak. Tekanan yang membawa darah ke otak tidak boleh kuran tidak boleh juga lebih dikarenakan jika tekanannya kurang maka suplai makanan ke otak akan berkurang. dalam kondisi ini tubuh akan lemas, mudah mengantuk dan akan cenderung tidak sadar. kondisi ini akan diikuti dengan akral tubuh yang dingin, heart rate tachikardi, hipotensi dan respirasi meningkat gunai suplai oksigen ke otak tercukupi.

Lalu bagaimana jika tekanan darah arteri ke otak (MAP) tinggi? Resiko terbesar apabila tekanan darah ke otak tinggi adalah pecahnya pembuluh darah otak, disini disebabkan pembuluh darah diotak begitu halus dan rapuh, sehingga mudah pecah. Oleh karena itu tekanan darah yang mengalir ke otak harus stabil dan tepat.

Berapa sih tekanan darah yang normal dan tepat untuk aliran darah ke otak? MAP yang dibutuhkan agar pembuluh darah elastis dan tidak pecah serta otak tidak kekurangan oksigen / normal MAP adalah 70-100 mmHg. Apabila <70 atau >100 maka tekanan rerata arteri itu harus diseimbangkan yaitu dengan meningkatkan atau menurunkan tekanan darah pasien tersebut.

Bagaimana sih cara menentukan rumus menghitung MAP? gampang kok.. Begini ya rumusnya:
MAP = (Sistole + 2 Diastole) :3

Contoh: Tekanan darah seorang pasien adalah 120/80 mmHg. Berapakah tekanan rerata arteri (MAP) pasien tersebut?

Jawab:
MAP = (120 + 2x80) :3
         = (120 + 160) :3
         = 280 : 3
         = 93,3 mmHg (normal)

Rumus Menghitung MAP (Mean Arterial Pressure) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Slamet Fadli

0 comments:

Post a Comment