TAHAPAN PROSES SELEKSI PENERIMAAN PEGAWAI KONTRAK RUMAH SAKIT


Proses seleksi atau ujian masuk kerja untuk rumah sakit tentunya sangat berbeda dengan proses seleksi ujian masuk kerja instansi lain. Rumah sakit selain sebagai tempat pelayanan masyarakat dalam bidang kesehatan, rumah sakit juga merupakan lapangan kerja bagi para petugas medis dan non medis lainnya.
Proses rekruitmen rumah sakit dibedakan menjadi 2 bagian yaitu :
1. Proses rekruitmen rumah sakit negeri (RSUP, RSUD, RS POLRI, RS DKT, dsb).
2. Proses rekruitmen rumah sakit untuk Pegawai Negeri Sipil.
3. Proses rekruitmen rumah sakit swasta.

Proses seleksi rekruitmen pegawai Non PNS untuk Rumah Sakit Negeri:
1. Rumah sakit mengumumkan adanya perekrutan calon pegawai non PNS atau pegawai kontrak dengan waktu tertentu (PKWT).
2. Pengumunan tersebut dapat dilihat di papan pengumuman rumah sakit, website rumah sakit, ataupun website lowongan kerja terpercaya seperti: lowkerindo.web.id , lowongan-medis.blogspot.com , lowonganmedis.com atau kerja-medis.blogspot.com
3. Pendaftaran sesuai dengan waktu yang telah rumah sakit tentukan. Dalam hal ini ada beberapa rumah sakit yang mensyaratkan para pelamar datang langsung ke rumah sakit, namun ada pula yang hanya mengirimkan surat lamaran via pos ataupun email.
4. Tes tertuilis, untuk estimasi waktunya rentang 3-7 hari sejak pendaftaran ditutup. Pada tahap ini anda sudah mencapai 25% ke tahap selanjutnya.
5. Tes psikotes, pada tahap ini estimasi waktunya 5-7 hari sejak pengumuman hasil tes tertulis. Jika anda sudah mencapai tahap ini anda berarti sudah mencapai 35% menuju tahap akhir.
6. Tes praktek klinik untuk calon petugas medis atau tes praktek kerja untuk calon pegawai nonmedis, tahap ini estimasi waktunya adalah 7-10 hari semenjak pengumuman hasli psikotest. Jika anda sudah mencapai tahap ini berarti anda sudah mencapai 50% menuju tahap akhir.
7. Tes wawancara, untuk tahap ini estimasi waktunya antara 5-7 hari setelah pengumuman hasil tes praktek klinik. jika anda sudah mencapi tahap ini berarti anda sudah 75% diterima sebagai pegawai rumah sakit tersebut.
8. Tes kesehatan, pada tahap ini estimasi waktunya 10-15 hari semenjak pengumuman hasil tes wawancara. Pada tahap ini anda sudah 90%  diterima sebagai pegawai rumah sakit tersebut dengan kata lain jika anda sudah mencapai tahap tes kesehatan pasti anda sudah lolos berbagai seleksi atau tahapan tes seleksi tersebut.
9. Pengumuman akhir, pada tahap ini waktunya antara 10-15 hari setelah anda ujian tes kesehatan. Pengumuman akhir ini adalah kado terbesar bagi anda tentunya karena apa yang anda harapkan tercapai sudah. Perjuangan yang begitu sulit ini akhirnya terlewati dengan hasil yang memuaskan, sehingga kami harapkan jangan ada henti-hentinya anda untuk bersyukur atas kado dari Tuhan tersebut.

Demikian yang bisa penulis bagi kepada teman-teman pembaca yang budiman, semoga bisa menjadi motivasi dan semangat untuk anda semua agar apa yang anda harapkan bisa tercapai. Penulis juga mempunyai tips-tips agar teman-teman bisa melewati tahap demi tahap seleksi penerimaan pegawai kontrak rumah sakit. Pesan penulis jangan pernah berhenti berharap, yakinlah pada diri sendiri, dan percayalah tidak ada kesuksesan yang dicapai secara instan, semuanya butuh proses.

Untuk urutan proses seleksi rekruitment calon pegawai negeri sipil (CPNS) rumah sakit dan rekruitmen pegawai rumah sakit swasta akan penuis posting pada artikel selanjutnya.

TAHAPAN PROSES SELEKSI PENERIMAAN PEGAWAI KONTRAK RUMAH SAKIT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Slamet Fadli

0 comments:

Post a Comment