Cara Penanganan Gambaran EKG Aritmia (VES)

Ventrikel Ekstra Sistol (VES)
Adalah gelombang ventrikel yang tiba-tiba muncul pada gelombang sinus. Ini muncul karena pacemaker ventrikel tiba-tiba lebih kuat dari NSA dalam memproduksi impuls listrik. Jika ada Ekstra Sistole yang muncul, dimana R dari Ekstra Sistol tersebut berada di gelombang T sebelumnya, maka ini disebut fenomena R on T. 
Kondisi ini sering ditemukan pada pasien dengan gangguan impuls dan kontraktilitas otot jantung.

Apa yang harus dilakukan apabila menemukan kondisi gambaran EKG seperti diatas pada pasien anda?
Gambaran EKG seperti diatas (VES) sering ditemukan pada pasien dengan masalah jantung. Jika kondisi diatas tidak segera ditangani bisa menyebabkan masalah yang lebih serius seperti Ventrikel Takhikardi baik dengan nadi atau tanpa nadi yang bisa menyebabkan henti jantung.

Hal-Hal yang harus dilakukan adalah:
1. Pastikan kondisi elektroda terpasang dengan baik.
2. Lihat hasil laboratorium untuk elektrolit, Magnesium, Kalium dan Kalsium. 
3. Apabila semua hasil lab diats nilainya normal anda perlu mencoba hal ini. Namun jika hasil lab salah satu diatas ada yang tidak normal maka langkah selanjutnya adalah koreksi terlebih dahulu.
4. Jika ditemukan hasil laboratoriumnya normal semua maka cobalah langkah-langkah ini. Posisikan pasien 15-30 derajat bedrest, lalu miringkan pasien ke arah kanan (sehingga jantung berada diatas) ganjal bagian punggung dengan bantal. Apabila masih ditemukan gambaran EKG VES maka cobalah hal ini. Pijatlah secara perlahan pada nadi karotis sinistra beberapa kali,  pastikan kondisi asien anda stabil metabolik, hemodinamik dll. Mudah-mudahan gamabaran EKG VES pasien anda akan segera hilang dan kembali sinus rhytm.
Semoga bermanfaat..

Cara Penanganan Gambaran EKG Aritmia (VES) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Slamet Fadli

0 comments:

Post a Comment