TIPS & CARA MEMILIH JURUSAN KULIAH / FAKULTAS

Berdasarkan penelitian dan pengalaman, pemilihan jurusan semasa kuliah merupakan hal paling utama dan paling penting sebelum anda menjalani pendidikan atau kuliah anda. Tidak sedikit orang yang salah dalam memilih jurusan dalam kuliahnya, mereka tidak menyeleseikan pendidikannya alias drop out. Galau, bimbang, bingung, pusing, takut salah, tidak tau, itulah yang biasa orang rasakan ketika dihadapkan dalam pemilihan jurusan untuk kuliah.

Masa-masa SMA adalah masa yang paling indah. Apalagi jika ketika kita dari masa SMA sudah bisa menentukan pilihannya untuk kuliah dimana, jurusan apa dan mau kemana setelah selesei kuliah. Namun masih banyak ditemui bahwa teman-teman belum menentukan masa depannya selama duduk diabngku SMA. Dalam hal ini orang tua sangat berperan bagi kelangsungan masa depan anak-anaknya. ada beberapa orang tua yang menyerahkan sepenuhnya pilihan kepada anaknya, namun ada pula orang tua yang sudah menata dengan rapi sekali jalan hidup untuk anak-anaknya. Entah mana yang terbaik menurut anda. Kalo menurut saya sih keduanya baik asalkan kita juga punya komitmen dan harapan yang sama dengan orang tua kita.

Beberapa pilihan yang sering dihadapi oleh para siswa yang masih duduk di bangku SMA adalah:
- Pertama setelah lulus mau kuliah atau bekerja
- Kedua, setelah lulus bekerja dulu untuk membantu keuangan keluarga lalu kuliah
- Ketiga, setelah lulus mau bekerja sambil kuliah
- Keempat, setelah lulus mau dilanjutkan dengan pengalaman kursus, (menjahit, setir, pelatihan singkat, atau melanjutkan bisnis keluarga).

Diluar keempat pilihan diatas tentunya masih banyak pilihan yang lainnya, semua tergantung kondisi keluarga dan semangat teman-teman semua.
Nah, disini penulis akan berbagi tentang tips dan cara memilih jurusan yang tepat atau terbaik untuk kuliah:
1. Jika anda sudah mempunyai keyakinan atau pilihan maka sudah pasti itulah yang terbaik untuk anda, karena keyakinan diri lah yang akan membuat anda mudah dalam menjalani kuliah anda nanti.
2. Ingat-ingatlah barangkali anda pernah mempunyai cita-cita yang terbenak dihati, karena biasanya jika anda sudah memiliki cita-cita maka semangat untuk meraihnyapun tinggi.
3. Sesuaikan pilihan jurusan anda dengan pelajaran kesukaan anda selama sekolah di SMA, karena jika anda suka dengan pelajaran tertentu maka ketika kuliah anda akan lebih senang menghadapi pelajaran atau mata kuliahnya, dan sudah dipastikan pasti nilai IPK nya akan bagus dan sesuai harapan.
4. Dengarkan kata orang tua. Ini merupakan hal yang teramat penting, sebab orang tua lebih lama menghadapi kehidupan didunia dibanding anda, jadi mereka sudah tau yang terbaik untuk anak-anaknya.
5. Anda bisa meminta saran kepada guru anda, biasanya guru anda akan memberikan arahan yang baik, lalu konsultasikan dengan orang tua anda.
6. Contohlah dan lihatlah orang yang telah sukses, bertanyalah pada mereka, mintalah saran pada mereka. Biasanya orang yang telah sukses tidak akan pelit ilmu.
7. Mintalah saran kepada kakak atau saudara terdekat anda, saya yakin saudara atau orang terekat anda tidak mungkin akan menyesatkan.
8. Jika anda sudah mempunyai beberapa pilihan yang menurut anda terbaik mintalah petunjuk kepada Alloh, berdoalah, sholat istikharoh.

Demikian beberapa tips dalama menentukan jurusan atau fakultas kuliah anda. Semoga bermanfaat..

TIPS & CARA MEMILIH JURUSAN KULIAH / FAKULTAS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Slamet Fadli

0 comments:

Post a Comment