SYARAT RUMAH SEHAT



Syarat rumah yang baik yaitu:

a.   Lantai ubin,  semen atau kalau lantai tanah haruslah tanah yang dipadatkan sehingga tidak berdebu di musim kemarau dan tidak basah di musim hujan.

b.    Ventilasi yang cukup agar aliran udara di rumah tetap segar.

c.    Cahaya, sebaiknya jalan masuk cahaya luasnya minimal 15 – 20 % dari luas lantai.

d.   Luas bangunan harus cukup untuk penghuni di dalamnya karena jika tidak konsumsi O2 akan kurang dan jika penghuninya ada yang terkena penyakit infeksi akan mudah menular pada anggota yang lain.

e.    Jamban harus tertutup jarak jamban dengan sumber air minimal 8 meter

Penyediaan air minum

Air yang digunakan untuk minum sebaiknya dimasak hingga mendidih terlebih dahulu sehingga bakteri yang terkandung di dalamnya mati. Minum air yang belum dimasak dapat menyebabkan penyakit seperti kolera, disentri, diare, dsb. Syarat air minum yang sehat yaitu : tidak berwarna dan tidak berasa (syarat fisik), bebas dari bakteri (syarat bakteriologis), mengandung zat tertentu dalam jumlah tertentu pula (syarat kimia).



Pembuangan sampah

Sampah erat kaitannya dengan kesehatan masyarakat karena dari sampah dapat hidup berbagai mikroorganisme penyebab penyakit (bakteri patogen), dan juga binatang serangga sebagai penyebar penyakit seperti lalat, kecoa, semut, serta tikus. Sampah yang tidak dikelola dengan baik selain merusak pemandangan, menimbulkan bau tidak sedap, juga dapat menyebabkan penyakit seperti tipus, kolera, disentri, diare, dll. Pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan cara ditanam, dibakar, dijadikan pupuk, dll.



Pembuangan air limbah

Air limbah yang tidak dikelola dengan baik dan dibuang sembarangan akan dapat mengganggu kesehatan manusia karena dapat menjadi media penyebaran penyakit, berkembangbiaknya mikroorganisme patogen, nyamuk dan larvanya, bau tidak sedap, mencemari air permukaan, tanah dan lingkungan hidup lainnya.


SYARAT RUMAH SEHAT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Slamet Fadli

0 comments:

Post a Comment