PERAWAT


Beberapa pengertian atau definisi dari perawat yaitu antara lain:

Perawat atau Nurse berasal dari bahasa latin yaitu dari kata Nutrix yang berarti merawat atau memelihara.

Perawat adalah seseorang yang telah lulus pendidikan baik didalam maupun diluar negeri sesuai dengan peraturan perundang- undangan
 

Perawat adalah seseorang yang berperan dalam merawat atau memelihara, membantu dan melindungi seseorang karena sakit, injury dan peruses penuaan. 


Perawat Profesional adalah perawat yang bertanggung jawab dan berwewenang memberikan pelayanan keperawatan secara mandiri dan atau berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lain sesuai dengan kewenagannya.


Menurut UU RI NO 23 tahun 1992 tentang Kesehatan, mendefinisikan Perawat adalah mereka yang memiliki kemampuan dan kewenangan melakukan tindakkan keperawatan berdasarkan ilmu yang dimilikinya, yang diperoleh melalui pendidikan keperawatan. 


Sedangkan menurut international Council of Nurses (1965), perawat adalah seseorang yang telah menyelesaikan program pendidikan keperawatan, berwenang di Negara bersangkutan untuk memberikan pelayanan dan bertanggung jawab dalam peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit serta pelayanan terhadap pasien.

Sekarang ini perawat merupakan seseorang yang bekerja dengan ketulusan hati memberikan pelayanan kesehatan profesional baik di rumah sakit, puskesmas, klinik, rumah, maupun tempat lain yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan.

Perawat merupakan panggilan jiwa, yang tidak dapat dipaksakan, bersumber pada ketulusan hati, kesabaran dan mengabdikan dirinya untuk ibadah.

PERAWAT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Slamet Fadli

0 comments:

Post a Comment