CARA MUDAH BERADAPTASI DENGAN LINGKUNGAN KERJA ATAU SEKOLAH BARU

Menyesuaikan diri terhadap lingkungan kerja baru bukan hal yang mudah. Mulai dari perasaan malu, tidak percaya diri, bahkan perasaan untuk menarik diri dari lingkungan biasanya dialami oleh kebanyakan orang. Ketika kita dihadapkan dengan lingkungan belajar atau lingkungan kerja yang baru tentunya kita sudah harus siap untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut, atau bisa dikatakan mau ga mau, siap atau gak siap harus tetap dijalani.

Hal yang paling mendasar sebagai penyebab sulitnya menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru adalah kurangnya rasa percaya diri. Rasa percaya diri berbeda antara satu orang denga orang yang lainnya. Pada orang tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungan sangatlah mudah. tinggal ngobrol koprol, sok tau, merasa diri pinter, merasa lebih baik dari yang lain, itu semua merupakan salah satu cara seseorang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Namun hal berbeda juga dialami oleh kebanyakan orang. bahwa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru tidak cukup dalam hitungan satu bulan atau bahkan satu minggu.

Cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan sangat penting dibutuhkan individu atau kelompok terlebih jika menyesuaikan diri terhadap teman sekolah yang baru.semakin cepat kita menyesuaikan diri dengan lingkungan maka semakin cepat pula kita bisa mengeksplorkan diri dengan maksimal terhadap pekerjaan atau sekolah kita. Kita akan lebih tenang dalam bekerja atau belajar, teman-teman akan lebih dekat dengan kita, dan kita pun akan lebih semangat dalam bekerja dan belajar, sehingga hasil yang kita peroleh pasti akan lebih maksimal.

Disini saya akan berbai tips agar kita lebih cepat menyesuaikan diri terhadap lingkungan kerja atau sekolah:
1. Mulailah dari diri sendiri untuk terbuka, tidak menutup diri dan tidak dengan sengaja menjauh dari teman-teman.
2. Mendekatlah dengan teman-teman anda, untuk pertama pilihlah teman yang menurut anda baik, atau teman yang mempunyai visi misi yang sama dengan anda. Anggap mereka adalah bagian dari keluarga anda.
3. Selalu percaya diri, anggaplah bahwa diri anda mampu seperti orang lain pada umumnya. yakin pada diri sendiri dan selalu mengedepankan potensi yang anda miliki.
4. Bekali diri anda dengan ilmu pengetahuan yang cukup, sehingga kedepannya anda pasti akan merasa lebih percaya diri.
5. Mintalan bimbingan kepada para senior anda tentang pekerjaan yang seharusnya anda jalankan.
6. Jangan bersikap menutup diri, terbukalah denga orang lain, mulai bercerita banyak hal entah itu tentang diri pribadi anda atau tentang berita yang saat itu sedang tren dibicarakan.

CARA MUDAH BERADAPTASI DENGAN LINGKUNGAN KERJA ATAU SEKOLAH BARU Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Slamet Fadli

0 comments:

Post a Comment