Bisnis, Usaha & Kerja Sampingan Untuk Tenaga Medis Perawat

Info Usaha, Kerja & Bisnis bagi Perawat
Bekerja menjadi perawat tentunya begitu sangat menyita waktu baik waktu untuk keluarga, istirahat atau untuk mengelola usaha sampingan yang lain. Tetapi anda jangan khawatir karena semua itu bisa kita antisipasi dengan memilih tipe pekerjaan atau usaha sampingan yang tepat bagi perawat. Beberapa pekerjaan sampingan yang akan kami bahas ini mungkin bisa lebih memberikan kontribusi atau gaji yang lebih bagi kita seorang perawat.
Oke langsung saja kita kupas apa saja sih jenis usaha atau kerja sampingan yang menghasilkan dan cocok bagi perawat?
1.    Menjadi perawat home visit atau mantri keliling, atau biasa juga disebut mantri panggilan.
Siapa sangka menjadi perawat itu peluang mendapatkan uangnya berasal dari sisi manapun? Percayalah bahwa perawat tidak hanya memperoleh gaji dari institusi anda bekerja melainkan masih banyak sekali peluang yang sangat menjanjikan seperti menjadi perawat atau mantri panggilan. Terlebih jika anda berada di desa atau kampong-kampung peran perawat sangat dibutuhkan bagi masyarakat desa. Apabila ada warga yang sakit mereka tidak akan jauh-jauh pergi ke puskesmas atau rumah sakit, cukup mereka memanggil anda, anda periksa, berikan motivasi dan saran, berikan obat dan vitamin sudah deh mereka pasti akan langsung berterimakasih dan tentunya beberapa lembar uang akan diberikan ketangan anda. So, semangatlah sobat..
2.    Menjadi perawat homecare
Nah, siapa sangka menjadi perawat homecare ternyata gajinya begitu tinggi? Bahkan anda yang bekerja di rumah sakit, klinik, atau puskesmas akan kalah dibanding perawat yang bekerja di homecare. Yuk kita tengok bagaimana asumsi hitungannya kok bisa gaji perawat homecare lebih besar dari anda.
a.    Perawat homecare shift 8 jam/hari
Saat ini bayaran untuk perawat homecare 8 jam sehari adalah 300.000. itu termasuk yang standar. Nah apabila anda bekerja sebulan misal 22 hari berarti anda akan terima kurang lebih 7.200.000 per bulan, dan enaknya homecare system shift ini bisa dikerjakan sebagai sampingan anda apabila anda bekerja dirumah sakit.
b.    Perawat homecare 24 jam
Nah kalo yang ini tidak bisa anda double dengan bekerja ditempat lain, pasalnya anda standby 24 jam dirumah pasien tersebut. Yuk kita tengok berapa gajinya… seiring banyaknya permintaan pasien untuk perawatan pasien dirumah maka banyak penyedia jasa homecare meningkatkan tariff layanan mereka. Saat ini tariff standar untuk perawatan pasien dirumah oleh perawat lulusan D3 adalah 5.000.000, dan ada beberapa yang berani membayar 6-8juta perbulan tergantung kekuatan ekonomi pasien dan kondisi pasien tesebut. Enaknya disini anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk kos atau tempat tinggal dan biaya makan. Jadi gaji 5.000.000 anda utuh setiap bulannya.. wah… senangnya..
3.    Bisnis jual beli online
Sekarang ini bisnis online merupakan sampingan yang sangat menjanjikan bagi siapapun. Pasalnya bisnis online sangat mudah dan menjanjikan untuk dikerjakan. Mudah saja anda cukup membuka website atau warung bagi produk-produk yang akan anda jual. Dengan website anda juga bisa menjadi bagian dari agen travel atau penjualan pulsa dll. Enaknya disini anda tidak perlu dan selalu menghabiskan waktu pada bisnis anda tersebut.
4.    Membuka warung sembako
Nah, bagi anda yang tinggal dipemukiman atau desa yang padat penduduknya dan belum ada warung yang berada disekitar anda tersebut itu peluang yang sangat besar bagi anda loh. Lalu biasanya muncul pertanyaan siapa yang menjalankan? Nah, anda tidak usah bingung, jaga warung bisa anda kerjakan sendiri bersama istri atau suami anda. Jika anak anda sudah besar dan mengerti uang pasti juga bisa diajak bekerja sama. Cukup modal awal yang sedikit, telaten, jujur, insyaalloh usaha anda akan lancar.
5.    Usaha peternakan sapi atau kambing
Kalo usaha yang satu ini butuh modal yang lumayan besar, pasalnya harga bibitnya saja sudah mahal, belum untuk biaya kandan, biaya pegawai yang merawat dan menjaga ternak kita. Tapi jangan khawatir biaya besar tersebut hanya untuk diawal saja tapi kebelakang-belakang anda cukup mengeluarkan uang untuk pegawai anda saja. Wah keren nih kalo anda sudah berhasil menjadi juragan ternak dan punya pegawai sendiri. Untuk yang satu ini saya juga kepingin loh..
6.    Membuka usaha klinik khitan
Klinik khitan kadang menjadi pekerjaan sampinngan yang wajib bagi perawat laki-laki. Biarpun bukan kilinik sendiri tetapi bisa mengkhitankan anak orang adalah suatu kebangaan yang besar. Apalagi untuk klinik yang sudah terkenal. Anda bekerja di klinik khitan yang terkenal, belajar ilmu sebanyak-banyaknya kemudian tinggal anda terapkan juga dikampung anda. Tapi anda juga harus ijin yang punya klinik dulu ya.. nanti disangkanya anda mau menyalip. Disana tinggal kita mengisi kekosongan jadwal saja. Dan enaknya ilmunya bisa anda terapkan untuk dikampung anda sendiri, anda bisa jadi mantri sunat panggilan.. lumayan loh sekarang tarifnya sudah 300.000 kalo didesa. Kalo dikota bisa 500.000 atau lebih.
7.    Menjadi juragan padi
Untuk hal ini bisa anda lakukan jika anda tinggal didesa yang banyak lahan pertanian, kalo dikota anda agak kesusahan mencari padi ersebut. Caranya anda tinggal cari orang kepercayaan anda, kemudian siapkan modal yang cukup besar, gudang dan cari relasi untuk bisnis anda. Untuk usaha ini memrlukan banyak kenalan atau relasi, untungnya memang sangat besar tapi anda juga harus siap dengan segala keperluan untuk bisnis ini.
8.    Menjadi juragan kos-kosan
Wah, apabila anda punya rumah disekitaran sekolah, rumah sakit, pabrik, atau kampus bisnis ini sangat kami sarankan, pasalnya bisnis kos-kosan tidak aka nada matinya. Bisnis ini kan terus berjalan seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Anda hanya butuh modal yang besar diawal memang, tapi setelah itu anda akan menikmatinya setiap bulan.
9.    Bertani
Bagi teman-teman yang tinggal didesa atau kampung, sampingan ini cukup pantas dan menghasilkan bagi seorang perawat. Anda bisa beli sawah atau apabila dikasih boleh orang tua anda tinggal melanjutkan usaha pertanian tersebut alangkah senangnya. Bertani itu musiman, jadi anda tidak harus setiap hari mengurusi sawah anda. Jika anda terlalu sibuk dan jumlah sawah anda banyak anda tidak perlu khawatir karena banyak orang yang siap untuk bekerja disawah. Hasilnya bisa anda bayangkan sendiri, saat ini harga padi 450.000-500.000 per kwintal dikalikan dengan berapa kwintal panen padi anda.
10. Mengajar di kampus-kampus kesehatan atau SMK Kesehatan
Untuk bisnis yang satu ini memerlukan keahlian khusus. Anda harus benar-benar menguasai ilmu keperawatan secara menyeluruh bahkan anda harus pandai dan cerdas. Soalnya ilmu anda dipertanggung jawabkan pada mahasiswa atau siswa anda. Anda yang S1 Keperawatan sangat bisa untuk bekerja sampingan di SMK-SMK Kesehatan, hasil yang didapatkan? Cukup lumayan, setidaknya yang terpenting adalah tidak mengganggu pekerjaan tetap anda sebagai perawat.

Bagaimana? Menarik bukan banyaknya sampingan usaha untuk perawat? So, anda sebagai perawat jangan mudah putus asa dan menyerah. Anda tidak hanya ditakdirkan bekerja difasilitas kesehatan saja kok, tapi diluaran sana banyak jenis usaha yang bisa anda geluti seperti yang saya paparkan diatas. Akhirnya, mungkin itu dulu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca semua, syukur-syukur bisa menjadi panduan atau referensi untuk ide usaha atau bisnnis sampingan anda. Let’s do it..
(rspon­_nurse).

Bisnis, Usaha & Kerja Sampingan Untuk Tenaga Medis Perawat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Slamet Fadli

0 comments:

Post a Comment