Pengertian, Fungsi & Cara Penggunaan Pulse Oxymetri (Saturasi Oksigen)

Pengertian dan Kegunaan Oximeter
Oximeter atau yang biasa disebut Pulse Oximeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar oksigen dalam darah (Saturasi O2), alat ini dilengkapi juga dengan pengukur detak jantung (heart rate / nadi) pada pasien.
Kegunaan, Fungsi, Harga dan Cara Penggunaan Alat Pulse Oximetri Finger

Cara dan langkah-langkah menggunakan pulse oximeter
Cara penggunaan oximeter ini sangat mudah: 
  1. Yang pertama anda harus menyalakan alat pulse oximeternya terlebih dahulu hingga muncul gambar gelombang dan menyala merah pada bagian dalamnya (tempat menempelkan jarinya). 
  2. Selanjutnya salah satu jari tangan pasien dijepit dengan fingertip oximeter ini yang terdapat sensor infra-red untuk mengetahui kadar oksigen dalam darah sekaligus pengukur detak jantung pasien yang dapat dilihat pada layar LED.
  3. Hasil saturasi Oksigen dan denyut jantung pasien dapat dilihat pada layar monitor
  4. Nilai normal Oksigen darah / SPO2 / Saturasi Oksigen adalah 96-100%. Bila nilanya kurang dari 95 dan nafas anda atau pasien anda sesak maka kemungkinan besar pasien anda kekurangan oksigen, sehingga anda harus segera memberikan oksigen mulai 2liter/menit hingga Saturasi Naik ke nilai Normal Saturasi O2 yaitu 96-100%.
  5. Sedangkan nilai normal denyut nadi atau denyut jantung adalah 60-100 X/menit. Bila kurang dari 60 disebut Bradikardi, bila lebih dari 100 disebut Takikardi.
Siapa saja yang wajib mempunyai Pulse Oximetri? Ideal untuk penggunaan pasien di rumah (Home Care Patient), Rumah Sakit, Klinik, atau untuk general check up harian untuk Orang tua, Atlet dll.

Lalu berapa sih harga alat Pulse Oximetri? Harga Pulse Oximetri / Alat Saturasi Oksigen adalah rentang 150-500 ribu sesuai dengan merek dan kualitas masing-masing barang. 

Dimana kita bisa membeli alat kesehatan Pulse Oximetri / Saturasi Oksigen? Kita bisa dengan mudah memperoleh alat Pulse Oximetri di toko alat kesehatan dan Apotek besar tertentu.

Semoga artikel tentang Pulse Oximetri / Saturasi Oksigen / Pulse Oximeter ini bermanfaat..

Pengertian, Fungsi & Cara Penggunaan Pulse Oxymetri (Saturasi Oksigen) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Slamet Fadli

0 comments:

Post a Comment