Eliminasi Urine, Karakteristik, Rata-rata Produksi & Jumlah Urine

ELIMINASI URIN

Definisi
Eleminasi urine normalnya adalah pengeluaran cairan. Proses pengeluaran ini sangat bergantung pada fungsi-fungsi organ eliminasi urine seperti ginjal, ureter, bladder, dan uretra.Ginjal memindahkan air dari darah dalam bentuk urine.

Karakteristik Urine Normal
  • Warna urine normal adalah kuning terang karena adanya pigmen urochrome. Namun demikian, warna urine tergantung pada intake cairan,keadaan dehidrasi konsentrasinya menjadi lebih pekat dan kecoklatan.penggunaan obat-obat tertentu seperti multivitamin dan preparat besi maka urine akan berubah menjadi kemerahan sampai kehitaman.
  • Bau urine normal adalah bau khas amoniak yang merupakan hasil pemecahan urea oleh bakteri.Pemberian pengobatan akan mempengaruhi bau urine.
  • Jumlah urine yang dikeluarkan tergantung pada usia,intake cairan,dan ststus kesehatan.Pada orang dewasa sekitar 1.200 sampai 1.500 ml per hari atau 150 sampai 600 ml per sekali miksi.

Volume urine
     Volume urine menentukan beberapa jumlah urine yang di keluarkan dalam waktu 24 jam.Berdasarkan usia,volume urine normal  dan variasi eliminasi urine sesuai usia dapat di tentukan sebagai berikut


Usia
Rata – rata Haluaran Urine Harian

Variasi

Usia 1-2 hari

15 – 60 ml/hari

Kemampuan untuk mengonsentrasikan (memekatkan) urine minima.Oleh karena itu,  urine tampak berwarna kuning terang. Tidak ada kontrol berkemih secara volunter.


Usia 3-10 hari

100 – 300 ml/hari


Usia 10-12 bulan

250-400 ml/hari


Usia 12 Bulan-1 Tahun

400-500 ml/hari


Usia 1-3 Tahun

500-600 ml/hari
Urine terkonsentrasi secara efektif,warna kekuningan normal,kontrol secara volunter dimulai. Kontrol berkemih total


Usia 3-5 Tahun

600-700 ml/hari


Usia 5-8 Tahun

700-1000 ml/hari


Usia 8-14 tahun

800-1400 ml/hari



Usia 14 Th- Dewasa

1500 ml/hari

Ginjal terus tumbuh sampai sekitar usia 40 tahun, ukuran dan fungsinya mulai berkurang setelah  usia 50 tahun 1500 ml atau kurang Kemampuan uniuk mengonsentrasikan urine menurun.


Proses Miksi
Buang air kecil atau miksi adalah proses pengosongan kandung kemih bila terisi.
  • Fisiologi Miksi
Sistem tubuh yang berperan dalam terjadinya proses eliminasi urine adalah ginjal,ureter, kandung kemih, dan uretra. Proses ini terjadi dari dua langkah utama yaitu : Kandung kemih secara progresif terisi sampai tegangan di dindingnya meningkat diatas nilai ambang, yang kemudian mencetuskan yaitu timbul refleks saraf yang disebut refleks miksi (refleks berkemih) yang berusaha mengosongkankandung kemih atau jika ini gagal, setidak-tidaknya menimbulkan kesadaran akan keinginan untuk berkemih.

Eliminasi Urine, Karakteristik, Rata-rata Produksi & Jumlah Urine Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Slamet Fadli

1 comments: