CARA MENCEGAH ATAU MENGATASI ASMA



Penanggulangan asma pada anak sekarang yang lebih penting bukan mengatasi serangan, tetapi terutama ditujukan untuk mencegah serangan asma. Anak yang menderita asma harus dapat hidup layak serta tumbuh dan berkembang sesuai umurnya. Dengan demikian segala upaya penggunaan obat dan nonobat harus dinilai untung ruginya berdasarkan tujuan utama tadi atau dengan perkataan lain tidak lebih mengganggu tumbuh kembang anak. Tindakan – tindakan kita harus meningkatkan mutu kehidupan anak asma itu untuk sekarang dan masa depan.
Pencegahan serangan asma terdiri atas :
Cara menghindari berbagai pencetus serangan asma perlu diketahui dan diajarkan kepada anak serta keluarga. Debu rumah merupakan faktor pencetus yang sering dijumpai pada anak. Debu rumah biasanya mengandung tepung sari rumputan, pohon dan belukar disekitar rumah yang dibawa oleh angin masuk kedalam rumah. Debu rumah juga mengandung serpih atau rontokan kulit, bulu hewan peliharaan, ludah binatang peliharaan yang kering, rontokan pakaian, rontokan kain lainnya, hancuran koran, tembakau, abu rokok, dan sebagainya. Debu rumah juga mengandung serangga yang sudah mati, bakteri, jamur, sisa – sisa makanan yang telah lama. Tumpukan buku – buku koran yang telah lama dan mengandung debu tersebut mengandung banyak sekali alergen yang potensial dapat merupakan pencetus asma pada anak. Memang tidak mudah menghindarkan debu rumah. Untuk menghindari pencetus karena debu rumah dianjurkan dengan mengusahakan kamar tidur anak seperti di RS, ialah :
1.    Kasur tempat tidurnya dimasukan kedalam kantong vinil, dipasang resleting sehingga kasur terbungkus rapat dan debu tidak dapat masuk, kapuk tidak keluar, begitu juga bantalnya.
2.    Sprei, tirai, selimut sekurang – kurangnya dicuci 1 minggu sekali.
a.         Lemari rak dan lainnya dibersihkan dengan lap basah dan hanya dipakai menyimpan pakaian yang sering dicuci.
b.         Mebel di lap basah dan lantai dibersihkan setiap hari.
c.         Lebih baik tidak menggunakan karpet di kamar tidur dan kamar / tempat bemain anak.
d.        Lebih baik tidak memelihara binatang.
e.         Jangan menyimpan buku di kamar tidur anak.
f.          Pakaian yang ada di lemari walaupun sudah bersih jika sudah lama tidak dipakai supaya di cuci lagi, lemari di lap basah.
3.    Untuk menghindarkan penyebab dari makanan, bila belum diketahui pasti, lebih baik anak yang asma makan coklat, kacang tanah atau makanan yang mengandung coklat atau minum es. Perlu diperhatikan pula apakah asma timbul setelah anak memakan makanan yang mengandung zat pengawet atau pewarna makanan.
4.    Yang perlu diperhatikan :
a.         Hindarkan anak kontak dengan orang dewasa yang sedang menderita infuenza / pilek.
b.         Bila batuk atau bersin harus menutup mulut dan hidungnya.
c.         Hindarkan anak berada di tempat yang sedang terjadi perubahan udara.
Anak yang menderita asma tidak dilarang bermain – main atau olahraga, bahkan dianjurkan tetapi perlu diatur karena itu merupakan kebutuhan untuk tumbuh kembang anak. Hanya caranya di awasi dan diatur sebagai berikut :
a.         Menambah toleransi secara bertahap, menghindarkan percepatan gerak yang mendadak, mengalihkan macam kegiatan misalnya dari lari ke naik sepeda.
b.         Bila mulai batuk – batuk istirahatlah sebentar, minum air dan setelah tidak batuk lagi, kegiatannya diteruskan.
c.         Adakalanya beberapa anak sebelum melakukan kegiatan perlu minum obat atau menghirup aerosol lebih dahulu.
Obat – obatan asma pada anak ( pada saat serangan / pencegahan ), meliputi :
a.         Bronkodilator : adrenalin, orsiprenalin, terbutalin fenoterol.
b.         Kortikosteroid : prednison, hidrokortison, deksametason.
c.         Mukolitik : banyak minum air.
Cara pemberian sesuai petunjuk masing – masing.
Obat – obatan yang disebutkan itu diberikan jika sedang mendapat serangan.
Obat untuk pencegahan serangan asma antara lain :
a.         Bronkodilator
b.         Kortikosteroid
c.         Ketofilen ( zaditen )
d.        DSCG ( intal )
e.         Mukolitik
Obat pencegahan harus terus diberikan walaupun sedang tidak mendapat serangan.

CARA MENCEGAH ATAU MENGATASI ASMA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Slamet Fadli

0 comments:

Post a Comment